Wednesday 6 January 2016

PENIS

No comments :
masih tentang SISTEM REPRODUKSI TERNAK JANTAN sahabat livestock96. sekarang kita membahas PENIS
PENIS
    Penis sapi berbentuk bulat panjang dan bertipe fibro elastis, artinya selalu dalam keadaan agak kaku dan kenyal meskipun dalam keadaan non-ereksi.  Penis terbungkus oleh tunica fibrosa yang padat dan putih dikenal dengan nama tunica albugenia.
    Penis dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian pangkal yang melekat  pada fascia atau ligamenta yang kuat dan disebut “Crus Penis”, bagian badan dimana dibagian tengahnya melipat melingkar merupakan huruf “S” disebut “sigmoid” dan bagian ujung penis disebut “Glans Penis”.
    Agar dapat memanjang dan memendek, penis dilengkapi dengan 2 macam otot yaitu musculus retraktor penis yang dapat merelaks dan mengkerut dan corpus covernosum penis yang dapat menegangkan penis.  Dalam kondisi non ereksi, musculus retraktor penis akan mengkerut, melipat penis menjadi huruf “S” dan tersimpan dalam praeputium.
    Tipe fibro elastis berbeda dengan tipe vaskuler dimana didapatkan struktur korpus covernosus yang dilengkapi lagi dengan serabut-serabut urat daging licin.  Tipe fibro elastis terdapat pada penis babi, kerbau, sapi, kambing dan domba, untuk tipe vaskuler terdapat pada manusia, kuda, gajah dan kera.
    Pada permukaan penis banyak sekali terdapat ujung-ujung syaraf  sensorik (perasa) sehingga pada saat penampungan sperma jangan sekali-kali memegang bagian ini.

No comments :

Post a Comment

terimakasih sudah berkunjung di livestock96