Wednesday 25 November 2015

PROSPEK BUDIDAYA BEBEK SEMAKIN MENGGIURKAN

1 comment :
itik tegal
Beternak bebek bukanlah usaha yang sulit. Semua orang bisa melakukan usaha ini asal dia memiliki kemauan, kemampuan serta minat. Masalah sukses atau gagal dalam setiap usaha tergantung bagaimana kita dalam menyikapinya. Kesuksesan yang telah diraih oleh para orang sukses biasanya berawal dari sebuah kegagalan.
Umumnya usaha peternakan bebek ditujukan untuk bebek petelur. Namun peluang bebek pedaging juga bisa diambil dari bebek jantan atau bebek betina yang sudah lewat masa produksinya. Selain itu bisa juga pebisnis mengambil bagian pembibitan ternak bebek sebagai fokus usaha. Ternak bebek / itik disebut juga sebagai unggas air, karena sebagian kehidupannya dilakukan di tempat yang berair. Hal ini ditunjukkan dari struktur fisik seperti selaput jari dan paruh yang lebar dan panjang. Selain bentuk fisik dapat juga dilihat bahwa keberadaannya di muka bumi ini, dimana itik kebanyakan populasinya berada di daerah dataran rendah, yang banyak dijumpai di rawa-rawa, persawahan, muara sungai. Daerah-daerah seperti ini dimanfaatkan oleh itik menjadi tempat bermain dan mencari makan.
Pemeliharaan itik secara tradisional atau dengan digembala memang sangat menunjang konsep pengendalian hama pertanian secara terpadu. Itik umumnya mencari makan di permukaan sawah dan sekitar batang/rumpun pada batang padi. Namun sejak penggunaan obat-obatan pembasmi hama pertanian makin intensif dan adakalanya dosisnya berlebihan, kasus keracunan itik sering menimbulkan konflik sosial. Pemeliharaan itik secara tradisional makin mengandung resiko besar.
Melihat gambaran ini, mengubah kebiasaan cara pemeliharaan dari cara tradisional ke arah pemeliharaan intensif memang perlu, sebab bagai manapun juga mempertahankan pemeliharaan tradisional dimasa mendatang tidak bisa diharapkan. Hal ini disebabkan pertama, makanan itik disawah atau dihabitatnya makin langka akibat penggunaan obat-obatan pembasmi hama; kedua, tingkat produktifitas itik yang dipelihara secara tradisional makin kurang nilai ekonominya, hanya bekisar antara 10-41% atau rata-rata 22,5% (lebih kurang 80 butir telur setahun). Hal ini menuntut para ilmiawan untuk memperkenalkan metode baru dalam mengelola ternak itik.
Teknik Budidaya Ternak Bebek Bebek
Sebelum seseorang melakukan usaha, dia harus tahu betul tentang cara-cara atau tips agar usaha yang ia lakukan dapat berjalan dengan lancar. Di bawah ini akan diulas tentang tips beternak bebek.
Penyiapan Kandang Budidaya Ternak Bebek
Penyiapan Kandang Budidaya Ternak Bebek harus menjadi syarat utama. Kandang bebek harus kita siapkan sesuai dengan kebutuhan bebek tersebut. Kita tidak boleh asal dalam menyiapkan kandang. Demi kita mencapai hasil yang maksimal dalam beternak bebek ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang bebek, antara lain :
Kondisi kandang dan perlengkapannya, Kandang tidak harus dibuat dari bahan yang harganya mahal. Yang terpenting bahan yang kita gunakan untuk membuat kandang tersebut kuat dan dapat tahan lama. Bahan kandang bisa terbuat dari kerangka kayu atau bambu, atap genteng dan lantainya pasir atau kapur. Perlengkapan yang harus ada di kandang bebek, kita harus menyiapkan tempat makan dan minum yang paling utama. Boleh ditambahi perlengkapan lain sesuai kebutuhan bebek. Seperti bak dan saluran pembuangan limbah.
Penerangan Kandang, Kandang bebek harus diberi penerangan untuk memudahkan kita jika ingin memberi makan atau minum bebek. Selain itu, juga untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.
Temperatur dan Kelembaban, Kandang bebek juga harus diatur temperatur dan kelembabannya agar bebek merasa nyaman berada di kandang. Temperatur yang biasanya digunakan untuk kandang bebek kurang lebih 39° C dan kelembabannya 60 sampai 65% .
Pembibitan dalam Budidaya Ternak Bebek
Pembibitan dalam Budidaya Ternak Bebek memegang peranan yang sangat penting. Kita harus pintar dalam memilih bibit yang unggul untuk kita pelihara. Bibit yang unggul dapat kita peroleh dengan cara, di antaranya :
Membeli telur tetas dari induk bebek yang telah dijamin keunggulannya. Memelihara sendiri induk bebek yaitu pejantan dan betina unggul agar memperoleh telur tetas yang baik dengan cara meletakkan telur tetas tersebut pada menthok, ayam atau mesin tetas yang telah dirancang oleh para ahli. Membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah direkomendasikan oleh dinas peternakan setempat. Ciri DOD yang baik adalah tidak cacat (tidak sakit) dengan warna bulu kuning mengkilap.
Pemeliharaan dalam Budidaya Ternak Bebek
Pemeliharaan dalam Budidaya Ternak Bebek membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Hal yang harus kita pelihara di sini bukan hanya bebeknya saja tetapi juga kandangnya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam usaha ini antara lain:
Sanitasi dan Tindakan Preventif.Sanitasi kandang dan tindakan preventif dalam hal ini lebih mengarah pada masalah pencegahan penyakit wajib untuk diperhatikan dalam pemeliharan bebek sejak dini untuk mengantisipasi timbulnya penyakit pada bebek. Pengecekan Kondisi Kesehatan Bebek, Kesehatan bebek harus dikontrol atau dicek setiap saat secara menyeluruh dengan teliti agar dapat cepat ditangani jika ada tanda-tanda penyakit pada bebek.
Pemberian Pakan, Jenis pakan bebek yang dapat digunakan adalah jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dll. Dengan ketentuan sperti di bawah ini.
Umur
Kebutuhan Pakan (gr/ekor/hari)
1-2 minggu
60 gr
3-4 minggu
80 gr
5-9 minggu
100 gr
10 minggu
150-180 gr

Pemeliharaan Kandang,
 Kandang harus selalu dijaga kebersihannya agar daya produksi bebek tidak terpengaruh dari kondisi kandang yang ada. Dengan kandang yang bersih dan membuat bebek nyaman maka daya produksi bebek pun akan meningkat.
Pengelolaan Keuangan Bisnis Budidaya Ternak Bebek
Pengelolaan keuangan adalah hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan, karena pengelolaan keuangan adalah penyebab utama peternak bebek tidak bisa mengembangkan usanya bahkan bisa jadi merugi jika pengelolaan keuanagnnya tidak baik. Berikut ini ada beberapa tip yang dapat dilakukan peternak bebek dalam mengelola pendapatannya.
Peternak bebek harus disiplin dalam mengelola keuangannya salah satunya dengan memisahkan keuangan usaha beternak dengan keuangan pribadi atau keluarga. Harus di buat catatan yang rapi dan memadai mengenai segala transaksi yang dilakukan untuk beternak, baik pengeluaran investasi (kandang serta peralatan dan perlengkapan) mapun pengeluaran operasional sehari-hari (pakan, bibit, vitamin, obat-obtan, upah pekerja, biaya panen, dan biaya transportasi).Kurangi pendapatan dengan seluruh biaya operasional dan biaya penyusutan investasi, sehingga diperoleh keuntungan yang dapat dinikmati peternak. Gunakanlah pendatan yang telah dikurangi tadi untuk biaya operasional pada periode berikutnya dan biaya investasi jika kandang atau peralatan mulai rusak. Jika peternak ingin meningkatkan skala usaha, keuntungan bersih tersebut bisa disisihkan sebagian untuk penambahan modal.

1 comment :

  1. Titanium Vs Tungsten : Inferring Stainless Steel - Titsanium
    Tungsten is titanium flash mica a graphite, non-carbon, non-stain alloy. Its thin layer 메이저 토토 사이트 has a smooth and smooth profile. It titanium nipple barbells can be used nano titanium ionic straightening iron in other applications such as €8.30 mens titanium earrings · ‎In stock

    ReplyDelete

terimakasih sudah berkunjung di livestock96